Perkembangan Dahsyat Toko Online e-Commerce di Masa Pandemi

Apabila anda mempunyai bisnis, dan bisnis Anda belum online – anda mempunyai kesalahan yang sangat besar.

Hai nama saya Kurnia dari jumpstartacademy.id. Pada topik ini saya akan membahas kenapa online bisnis sangat penting sekali di jaman sekarang.

Menurut mc Kinsey sebuah konsultan yang besar dan terkenal dari Amerika, toko online e-commerce di Amerika ini penetrasinya dari hanya 3 bulan saja menyamai 10 tahun penetrasi, dari tahun 2009 sampai 2019. Ini adalah hasil yang sangat fantastis sekali. Jadi data ini didapat dari Bank of America, pada bulan Juli 2020 ,kemudian mc Kinsey melihat kembali bahwa perkembangan too online penetrasi e-commerce di Amerika pada tahun 2009 adalah hanya 5% saja.

Dan kemudian berkembang secara linier pada 2019 mencapai 15% .Hanya pada tiga bulan penetrasi e-commerce menjadi lompat secara eksponensial menjadi 35%. Saya mengasumsikan bahwa apa yang terjadi di Amerika ini sama dengan di Indonesia karena kita sama-sama dalam masa pandemi covid nineteen, jadi kenaikan secara eksponensial toko online e-commerce juga terjadi di Indonesia. Maka itu apabila kita tahu bahwa dalam 3 bulan penetrasi online e-commerce bisa menyamai 10 tahun,

bagaimana dengan selanjutnya pada tahun 2021. Artinya lagi, apabila anda seorang retailer dan belum ke online e-commerce bisnis ,anda salah besar. Apabila Anda masih ada pertanyaan mengenai online e-commerce bisnis, anda bisa menghubungi digitalpointer.Id, atau untuk edukasinya Anda bisa ke jumpstartacademy.ID.

nv-author-image

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.