Panduan SEO bagi UMKM

Pengusaha UMKM harus tetap tangguh dalam menghadapi globalisasi, dan salah satunya harus melengkapi diri mereka dengan pengetahuan digital advertising dan marketing. Kami menulis panduan SEO yang sederhana ini bagi UMKM.

Seringkali kita mendengar kata SEO pada sesi digital marketing atau advertising, dan seolah kata SEO in menjadi faktor yang sangat penting dalam membangun trafik di website.

Banyak orang yang masih keliru mengartikan SEO ini. Dikiranya bahwa SEO adalah sesuatu yang mudah dan cepat dilakukan, supaya website dapat dikenal dengan cepat.

Nyatanya hal ini salah…

SEO atau search engine optimization, adalah teknik atau cara bagaimana halaman website dapat bertengger di halaman depan (hal 1-3) di mesin pencari google dengan kata kunci yang spesifik sesuai dengan niche atau industri web tersebut.

Jadi website yang mempunyai SEO bagus adalah suatu website yang halaman atau pages nya selalu muncul di halaman 1 Google search dengan kata kunci yang sudah ditentukan dan di optimalisasi di halaman2 yang dipilih.

panduan seo bagi umkm
pandukan SEO UMKM

Untuk mencapai hal tersebut ada 3 persyaratan dalam On Page SEO, yaitu:

1. Menulis artikel yang mempunyai bobot dan kualitas. Artinya bukan artikel ecek-ecek atau abal-abal. Tetapi konten yang memberikan edukasi dan informasi.
2. Artikel mempunyai jumlah kata lebih dari 500-600 kata. Bagi artikel yang jumlah kata dibawah 300, disebut “thin konten” termasuk dalam artikel ecek-ecek
3. Keyword yang dipilih ada di judul artikel, dan jumlah keyword tersebut sekitar 1 persen densitasnya dari konten. Sebagai contoh, apabila kita mempunyai keyword “cara menurunkan berat badan”, maka keyword tersebut harus ada di Judul – yaitu 5 Cara Menurunkan berat badan dalam 1 minggu. Dan apabila anda mempunyai 600 kata dalam konten, keyword diulang 6 kali maksimum. Suggestion di paragraph 1, tengah dan akhir.
4. Mempunyai backlink dari beberapa website lain yang mempunyai domain authority. Backlink adalah URL link dari website lain ke halaman website kita, sehingga Google memberikan penilaian bahwa halaman kita cukup penting, dan ini dinamakan OFF page SEO.

Dan supaya website mencapai SEO yang baik, kita harus mempunyai GRIT atau resiliensi dalam me-posting konten. Artinya, kita harus selalu posting konten secara terus menerus. Best practices yang baik adalah anda me-post konten tiap minggu untuk sebuah blog..

Masih ada faktor SEO yang berhubungan dengan teknis, tapi saya tidak akan mendiskusikannya disini, tapi di kesempatan lainnya. Kami harap, panduan SEO ini dapat membantu para UMKM untuk membuat websitenya mudah ditemukan oleh visitors di mesin pencari google.

nv-author-image

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.