Cape Rugi Melulu? Pelajari 3 Pengukuran Iklan Ini

Banyak sekali usaha kecil dan menengah ingin Advertising di Google dan Facebook tetapi takut rugi. Hal ini dikarenakan mereka kurang bisa membaca analisa dan laporan dari hasil Advertising tersebut.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tiga pengukuran iklan apa saja yang Anda harus ketahui apabila ingin advertising di Facebook dan Google.

Hai, saya Kurnia dari digital pointer.id. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana untuk melihat 3 parameter di iklan Facebook dan Google sehingga Anda akan tenang untuk melakukan iklan di platform tersebut.

Parameter nomor satu yang Anda harus ketahui adalah impressions. Impressions dinilai oleh Google dan Facebook apabila mereka telah menayangkan iklannya kepada target market yang Anda pilih.

Di dalam impression ini, yang diukur apakah prospek melihat iklan Anda atau tidak. Yang dihitung oleh platform Google dan Facebook, adalah mereka telah menayangkan iklan anda di hadapan target market. Impressions ini menunjukkan iklan Anda berjalan baik atau tidak di platform Google atau Facebook.

pengukuran iklan

Setiap iklan harus melalui yang dinamakan auction, sehingga Anda harus bidding terhadap kompetitor anda di dalam platform tersebut. Kecilnya impressions menunjukkan bahwa bidding Anda kurang tinggi, diantara kompetitor yang ada. Parameter nomor 2 yang Anda harus ketahui adalah banyaknya klik dari iklan tersebut.

Jadi nomor satu pengukuran iklan adalah impressions, di mana iklan Anda ditunjukkan kepada para prospek. Nah, prospek tertarik atau tidak Ini tergantung dari banyaknya klik dari mereka. Banyaknya klik ini diukur dari parameter ketiga yang disebut CTR, atau juga click thru rate. CTR ini adalah pembagian dari jumlah klik dibagi dari impression.

Untuk iklan jenis SEM atau search engine marketing, yaitu iklan di mesin pencari, CTR yang bagus adalah sekitar 5 sampai 8%, dan hal ini juga tergantung dari vertical bisnis yang Anda punya. CTR 5% artinya klik dibagi dari impressions adalah 5%. Sebagai contoh: apabila anda melihat report bahwa impressions anda ada 100 dan kemudian klik Anda ada 5, artinya Anda menerima CTR adalah 5% .

Untuk menilai CTR ini dengan baik, anda harus menunggu setidaknya impressions Anda ada 1000 impression atau 100 klik. Tadi saya bilang bahwa CTR yang bagus benchmarknya adalah 5 sampai 8%, bahkan ada yang bisa 10%. Nah, Apa yang terjadi apabila CTR anda sangat kecil sekali misalnya 2 sampai 3% saja. Hal ini disebabkan mungkin copy writing dari iklan anda tidak menarik sama sekali, sehingga orang tidak me-kliknya. Maka itu, apabila Anda menemukan CTR Anda sangat kecil sekali, Anda harus mengedit iklan Anda supaya kata-katanya lebih menarik.

Dengan mengetahui 3 parameter ini anda sudah bisa mengetahui bagaimana pengukuran iklan dan performa iklan anda. Jadi jangan takut lagi untuk Advertising ya, karena Advertising is investing.

Apabila Anda masih ada pertanyaan mengenai hal ini anda bisa saja ke digital pointer. id , dan hubungi kami. Kami akan siap memberikan free consultation kepada anda.

contact us
Contact Us for Free Consultation
nv-author-image

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.