skip to Main Content
Strategi Pemasaran Dengan ZMOT

Strategi Pemasaran dengan ZMOT

Pada tahun 2011, GOOG memperkenalkan Zero Moment of Truth, atau dikenal juga dengan ZMOT – yaitu suatu revolusi bagaimana para calon pembeli dan pelanggan menggunakan online search apabila ingin mengetahui informasi dan memutuskan membeli barang.

Tiga tahun kemudian pada tahun 2014, ZMOT menjadi sangat penting karena ternyata statistik searching untuk pencarian informasi dan memutuskan membeli sebuah produk/brand naik secara drastis.

Sebagai contoh, calon pembeli diaper bayi akan mengetik di search engine: “ Produk diaper apakah yang akan membuat bayi saya tidur lelap di malam hari?”. Atau, “Bagaimana untuk menghilangkan noda crayon di taplak meja saya?”. Kombinasi pertanyaan di search engine makin beragam dan menyentuh aktifitas dan kehidupan kita sehari-hari.

Pencarian di mesin Google dan ZMOT makin hari makin penting dan bekembang menjadi sebuah skala yang sangat besar dan penting. Pada jeda waktu satu bulan saja, ada 100 milyar pencarian di mesin Google. Jadi hanya pada beberapa menit saja, terjadi 7.5 juga pencarian kata kunci di Google. Dan setiap pencarian kata kunci di Google ini memberikan kesempatan yang sangat besar sekali pada pemasaran produk dan brand.

Coba bayangkan, apabila kita mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh calon pelanggan dan kemudian me-advertsingkan produk kita melalui Google Adwords, produk atau servis akan muncul di halaman pertama dari pencarian tersebut. Nah, dengan demikian, produk dan servis kita bisa muncul di setiap pencarian informasi calon pelanggan. Suatu strategi pemasaran yang revolusioner dan fenomenal bukan?

Hal ini akan memberikan implikasi yang sangat besar sekali bagi produk atau servis apabila kita mengetahui bagaimana untuk selalu berada di hasil pencarian tersebut. Karena calon pelanggan mencari sesuatu yang relevan dengan kata kunci yang kita akan berikan. Dengan cara ini, Anda telah mencanangkan ZMOT (Zero Moment of Truth) pada produk, servis dan brandname yang anda usung.

Ingin mendapatkan ZMOT untuk strategi pemasaran produk dan servis Anda? Hubungi kami dengan mengisi form di bawah ini….

 

 

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and investor. He also teaches SEO dan SEM digital advertising at Google Gapura. He also provides PPC (pay per click) Google Adwords Agency service.

Close search

Cart

Back To Top
×Close search
Search