Statistik Penggunaan Social Media serta Perubahan Perilaku Konsumen di masa Pandemi Covid-10

Statistik penggunaan social media pada masa pandemi memang wajib kita monitor, apalagi Anda seorang pebisnis, atau pelaku online marketing. Dengan adanya lockdown dan pembatasan sosial, sudah tentu perilaku konsumen berubah.

Hootsuite adalah platform untuk social media posting, monitoring, engaging dengan customer, serta alat analisa dan tiap bisnis yang serius dengan online bisnisnya patut untuk mencoba alat ini. Digital pointer pun mempunyai akun untuk posting Instagram klien-kliennya, karena Hootsuite mempunyai API (application program interface) dengan IG, dan kita dapat posting secara langsung tanpa menggunakan apps lainnya.

Statistik penggunaan social media diatas sampai bulan Juli 2020 dan beberapa hal yang menarik adalah:

– Pengguna internet di dunia adalah 4.5 milyar, atau 59% dari jumlah populasi.
– Pengguna mobile phone users adalah 4.1 milyar, atau 91% dari pengguna internet (hal ini sangat penting bagi web designer dimana responsive design ke layar HP sangat penting sekali).
– 3 top Peringkat website yang paling sering dikunjungi adalah Google, Youtube dan Facebook.
– 3 top Platform social media yang paling sering digunakan adalah Facebook, Youtube dan Whatsup.
– Orang Indonesia mempunyai perilaku melihat social media tiap harinya adalah lebih dari 3 jam, dimana rata-rata penduduk dunia adalah 2.2 jam per harinya.
– Reach dari Facebook adalah 2.09 milyar, atau 35% dari penduduk dunia.
– Reach dari LinkedIn adalah 702 juta, atau 13% dari penduduk dunia.
– Reach dari Twitter adalah 326 juta, atau 5.4% dari populasi dunia.
– Reach dari Youtube adalah 2 milyar, atau 33% dari populasi dunia.
– Reach dari Tiktok adalah 800 juta, atau 13 dari populasi dunia.

Ada banyak sekali statistik yang menarik dari laporan Hoostsuite ini yang layak dipelajari, dan ada baiknya anda pelajari setiap slide yang berhubungan dengan bisnis dengan melihat trend.

nv-author-image

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.