skip to Main Content
Jasa Iklan Adwords Express – 10 Tips Untuk Bebas Ribet

Jasa Iklan Adwords Express – 10 Tips untuk Bebas Ribet

AWE (AdWords Express) yang rilis 2011 lalu boleh dibilang merupakan versi sederhana dan murahnya AdWords. Untuk mulai menggunakannya, Anda tak wajib memiliki situs usaha, cukup halaman GMB  (Google My Business) saja. Banyak juga yang menawarkan jasa iklan Adwords bagi usaha-usaka kecil yang belum bisa setting sendiri. Namun, coba ikuti beberapa panduan set up berikut:

·     Pilih kategori bisnis

·     Buat iklan

·     Pilih lokasi target

·     Tetaplah budget harian/ bulanan

Sesudah itu baru simak 10 tips maksimalkan AWE berikut agar tahu apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangannya dibanding AdWords.

  1. Mulai dari budget kecil dulu
Jasa Iklan Adwords Express - 10 Tips untuk Bebas Ribet 1

Buat yang belum pernah menggunakan AWE, sebaiknya mulai dari budget bulanan kecil dulu agar tidak rugi banyak seandainya jasa iklan adwords tidak berhasil.

Budget iklan dapat dimulai dengan hanya Rp 30 ribu/hari. Seperti Anda membeli sebungkus rokok saja!

Sebab dibanding AdWords, platform AWE memang jauh lebih simple, tapi ada beberapa hal yang memengaruhi performa campaign seperti bidding otomatis, broad match keywords, atau search query yang tidak relevan. Setiap area ini jelas tak boleh diabaikan.

Contoh, karena tampilan antar bid dalam AWE terbatas, maka iklan bisa muncul entah di hasil pencarian Google atau Google Maps. Selagi budget masih rendah, Anda tinggal melihat di bagian mana tepatnya performa jasa iklan adwords paling maksimal.

2.Sambungkan AWE dengan Google Analytics

Jasa Iklan Adwords Express - 10 Tips untuk Bebas Ribet 2

Jika sudah punya akun Google Analytics, maka sambungkan itu dengan AWE. Selain membantu menentukan target jasa iklan adwords, langkah ini juga menginformasikan besarnya keuntungan yang diraih dari campaign. Pebisnis dapat menarget campaign-nya untuk menarik klik, calls, atau on-site actions, dan ia hanya perlu membayar saat pelanggan mengklik iklannya.

3.Bertanyalah Apabila Tidak Tahu (atau anda dapat meminta jasa iklan adwords di digitalpointer.id)

Google sangat menghargai pendapat pengguna AWE. Karenanya ada begitu banyak akses yang disediakan untuk membantu memecahkan setiap masalah.

Dalam AWE, ada Help box (kotak bantuan) di pojok kanan atas dan pemasang iklan dapat mencari daftar pertanyaan paling umum.

4. Belajar mengenai Quality Score

Jasa Iklan Adwords Express - 10 Tips untuk Bebas Ribet 3

Meski AWE menjanjikan keuntungan jasa iklan adwords tanpa ribet, beberapa pengetahuan AdWords bisa memengaruhi performa campaign. Salah satu elemen terpenting adalah quality score.

Di bidang paid search marketing, quality score menentukan apa yang harus dibayar untuk setiap klik dan dimana iklan muncul setelah hasil pencarian keluar.

Dalam hal ini, Google hanya ingin memastikan saja bahwa user experience sepadan dengan ekspetasi ketika pengguna sampai ke situs tersebut. Dan quality score yang range-nya 1 (rendah) sampai 10 (tinggi) merupakan alat Google untuk mewujudkan hal tersebut.

Walau AWE tidak seperti AdWords yang menayangkan hasil quality score di depan, tapi itu tetap muncul di background. Karenanya, lakukan strategi berikut untuk meningkatkan user experience sekaligus quality score:

·     Optimasi CTR dengan membuat copywriting iklan yang menarik.

·     Pastikan landing pages relevan dengan iklan yang didisplay.

·     Tingkatkan on-site experience untuk menahan konsumen begitu mereka mengklik situs.

5. Review keyword-nya

jasa iklan adwords

Setelah memilih kategori bisnis di AWE, Google akan meng-generate daftar keyword yang dianggap berhubungan dengan tipe usaha. Penting sekali me-review list secara detil keyword tersebut untuk memilah mana yang relevan untuk ditambahkan dalam iklan. Dengan begitu, kemungkinan klik semakin tinggi ketika konsumen mengetik keyword tersebut.

6. Ganti keyword yang tidak relevan

Di AWE, boleh dibilang tidak ada pilihan untuk menonaktifkan saran keyword dari Google, padahal beberapa mungkin tidak relevan. Hal ini bisa bikin kantong jebol, apalagi kalau konsumen mengklik iklan, yang tentu saja mengharuskan Anda membayar setiap kali mereka melakukannya.

Sebaliknya, rendahnya tingkat klik juga berdampak negatif pada quality score sehingga memaksa pengusaha mengeluarkan dana lebih besar lagi untuk keyword-keyword penting.

Karenanya, segera hapus keyword yang tidak relevan sebelum mulai campaign. Ujilah pula mana yang mungkin berkaitan dengan bisnis, dan segera ganti jika feedback keyword-nya mengecewakan.

7. Gunakan Geotargeting dan jadwal pengiklanan

jasa iklan adwords

Pebisnis dapat menggunakan AWE untuk membatasi penempatan jasa iklan adwords hingga radius 5 mil dari lokasi usaha. Ada pula pilihan untuk menarget area tertentu di seluruh dunia, terkhususnya bagi perusahaan yang ingin mengembangkan sayap ke luar negeri. Tepat-tidaknya pengaturan parameter ini sangat penting karena menentukan sukses-tidaknya AWE. Selain lokasinya, jadwal iklan (kapan itu tayang) juga tak kalah penting.

8. Aktifkan Call Reporting

Oleh sebab semakin banyaknya konsumen yang melakukan transaksi via mobile, maka pengusaha pun harus memerhatikan bagian ini. Bagi bisnis lokal, hal tersebut berarti seberapa besar efek jasa iklan adwords terhadap jumlah panggilan yang masuk.

Karenanya, aktifkan ‘Add call clicks’ selama proses pembuatan iklannya sehingga Google bisa memasukkan otomatis nomor free call-tracking ke iklan. Sebagai hasilnya, dashboard akan menayangkan performa iklan, baik lewat klik maupun panggilan yang masuk.

9. Download aplikasinya

jasa iklan adwords express


Aplikasi AWE sudah tersedia untuk Android maupun iOS. Download agar Anda mudah mengecek performa jasa iklan adwords sepanjang hari dan bisa menerima notifikasi bila terjadi sesuatu dengan akun.

10. Gunakan AdWords untuk fitur lanjutan

Jasa Iklan Adwords Express - 10 Tips untuk Bebas Ribet 4

Tips terakhir, para pengusaha sebenarnya diimbau menggunakan AdWords maupun AWE, namun tentunya tidak dalam waktu bersamaan agar tak terjadi senjata makan tuan.

Kuncinya adalah memahami kapan waktunya memakai AWE dan kapan saatnya berpindah ke AdWords. AWE mungkin yang terbaik untuk perencanaan campaign apalagi bagi pengusaha berbudget kecil. Namun ketika budget bertambah sehingga pengusaha menginginkan lebih banyak kendali dan pilihan (seperti sitelink dan device-level bidding), maka giliran AdWords-lah yang unjuk gigi.

Konklusi

AdWords Express (AWE) adalah paling sesuai bagi bisnis UKM/SME untuk memulai iklan. Karena sangat mudah serta iklan dapat berjalan langsung.

Budget dapat diatur dengan mudah dan hanya Rp 30,000 hari/hari iklan sudah dapat berjalan dengan baik. Harap diingat, Anda hanya bayar per click, jadi bukannya budget tersebut akan habis begitu saja secara percuma.

Iklan Anda juga muncuk di halaman pertama, sesuai dengan “kata kunci” yang anda bid. Anda dapat menggunakan 5-8 kata kunci yang sekiranya relevan dengan bisnis. Semua statistik impression dan klik dapat dilihat di dashboard Google Express dengan cukup detil.

Meskipun Anda membuat iklan search, Anda dapat memasukkan logo dan 2 foto, sehingga ada kemungkinan akan keluar di Display Network juga apabila halaman relevan dengan keywords yang anda pilih. Sehingga, iklan anda sangat efektif dan relevan.

Apabila Anda ingin menjalankan Adwords Express dan masih ragu, DigitalPointer.Asia dapat membantu dengan fee yang sangat terjangkau – RP 1.5 jt – termasuk research kata kunci, pembuatan min 3 iklan, geo targeting, upload logo/ pics, setting bidding harian, dll – (silahkan DOWNLOAD BROSUR NYA)

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and investor. He also teaches SEO dan SEM digital advertising at Google Gapura. He also provides PPC (pay per click) Google Adwords Agency service.

Close search

Cart

Back To Top
×Close search
Search