Digital Pointer Chatbot – Robot Chat Yang Dapat Membantu Pekerjaan dan Usaha Bisnis Anda

Anda mungkin pernah mendengar tentang chatbot di masa lalu, tetapi bagaimana cara kerjanya dan bagaimana mereka dapat membantu Anda? Chatbots adalah robot chat yang menyenangkan dan interaktif bagi pelanggan di online. Anda dapat memberikan tugas ke chatbot untuk dapat mengobrol dengan pelanggan dan mereka dapat diprogram untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi tentang produk atau layanan Anda. Berikut adalah beberapa dasar-dasar cara kerja chatbots, serta beberapa cara berbeda yang dapat digunakan oleh bisnis kecil.

Apa itu Chatbot?

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Obrolan seperti sistem respons suara interaktif (IVR). Ini adalah perangkat lunak komputer yang Anda akses dengan mengobrol dengannya alih-alih dengan menggunakan keyboard dan mouse. Perbedaannya adalah bahwa dengan chatbot, Anda dapat berinteraksi dengannya lebih dari satu cara. Dapat diprogram untuk memberikan informasi, menjawab pertanyaan atau memberikan informasi umum seperti ramalan cuaca atau pembaruan lalu lintas.

Misalnya, satu pengecer besar di Amerika, Walmart, baru-baru ini memulai debutnya chatbot untuk membantu pengguna menemukan lokasi terdekat untuk membeli drone baru. Obrolan memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seperti “Di mana saya bisa membeli bola sepak Dobby the Elf LED?”, atau” Kapan penjualan Walmart terdekat hari berikutnya?”. Dan kemudian memberi pengguna tautan ke halaman khusus tempat mereka dapat menemukan barang yang dijual. Kamu bisa

Bagaimana Chatbot Bekerja?

Mari kita mulai dengan cara kerja chatbots dan mengapa mereka bisa sangat membantu. Perbedaan utama antara chatbot dan saluran telepon layanan pelanggan standar – adalah bahwa chatbot dapat bekerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, 365 hari setahun. Chatbot berkomunikasi langsung dengan pelanggan dengan melalui pesan teks, media sosial, suara dan metode lainnya. Bahkan, beberapa chatbot paling populer dapat menjawab lebih dari 100 pertanyaan berbeda. Mari kita gunakan Zendesk untuk menggambarkan apa yang terjadi ketika Anda memulai obrolan dengan salah satu chatbot mereka. Cukup pilih opsi Chatbot ketika Anda mendaftar untuk sebuah akun. Anda akan melihat layar seperti ini: Kemudian, cukup pilih suara percakapan yang Anda ingin chatbot Anda ajak bicara. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk beberapa informasi dasar, seperti nama Anda

chatbot
Chatbot

Kita dapat menggunakan Chatbot untuk apa saja?

Salah satu penggunaan chatbots terbesar adalah untuk dukungan pelanggan dasar. Mereka juga digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (user experience) dan memahami data. Hal yang baik tentang chatbots adalah Anda dapat dengan mudah mendesainnya dengan berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan yang berbeda.

Obrolan yang baik dapat melakukan tugas-tugas dasar yang terkait dengan bisnis, sambil memberikan fungsi dukungan yang bermanfaat secara bersamaan. Atau, Anda dapat mengintegrasikan chatbot ke situs web atau pengalaman aplikasi yang ada untuk membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke konten yang ingin Anda bagikan dengan pelanggan. Kemungkinannya tidak terbatas. Chatbots dapat digunakan sebagai bagian dari layanan dukungan pelanggan untuk memberikan bantuan waktu nyata dengan masalah yang kompleks. Atau mereka dapat membantu Anda dengan analisis data besar, yang dapat membantu Anda memahami.

Mengapa Pebisnis wajib menggunakan Chatbot?

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa Anda harus menggunakan chatbot dalam bisnis Anda. Anda bisa menghemat waktu . Diperlukan banyak pekerjaan untuk memantau situs web dan situs media sosial Anda untuk memastikan Anda memposting konten yang relevan.

Chatbot dapat mengurus semua pekerjaan untuk Anda, yang berarti Anda dapat fokus membangun pengalaman pengguna yang hebat bagi pelanggan Anda. . Diperlukan banyak pekerjaan untuk memantau situs web dan situs media sosial Anda untuk memastikan Anda memposting konten yang relevan. Chatbots dapat mengurus semua pekerjaan untuk Anda, yang berarti Anda dapat fokus membangun pengalaman pengguna yang hebat bagi pelanggan Anda.

Chatbot bisa sangat menarik. Baik itu menceritakan ramalan cuaca atau membantu pelanggan menemukan informasi, chatbot akan memberi Anda peluang tanpa akhir untuk terlibat dengan Anda

Kesimpulan

Chatbot adalah cara yang menyenangkan dan interaktif untuk terlibat dengan pelanggan online. Anda dapat mengobrol dengan pelanggan melalui chatbot dan mereka dapat diprogram untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi tentang produk atau layanan Anda. Mereka adalah cara termudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus menghabiskan seluruh waktu dan uang Anda untuk kampanye pemasaran dan iklan. Jangan merasa tersisih – Anda dapat membangun chatbot untuk membantu pelanggan Anda. Kamiharap Anda menemukan ini berguna dan membantu bisnis Anda dalam beberapa cara.

nv-author-image

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.