skip to Main Content
Bid Lebih Tinggi Iklan Akan No 1 Di GOOG Adwords?

Bid Lebih Tinggi Iklan Akan No 1 di GOOG Adwords?

Banyak orang beranggapan bahwa dengan menaik-kan bid iklan di GOOG Adwords, iklan akan bertengger di halaman utama.   Hal ini sangat masuk akal, seperti hukum supply dan demand di ekonomi.  Dengan menaikkan harga penawaran, sebuah institusi akan memberikan servis penempatan yang lebih baik…. Tapi hal ini tidak berlaku di jasa layanan iklan GOOG Adwords !

Anda mungkin cukup heran, mana mungkin GOOG sebagai layanan iklan menomer duakan pengiklan dengan bidding (penawaran) yang lebih tinggi? Rasanya tidak masuk akal ! Bagaimana hal ini bisa dijelaskan?

Untuk mendapatkan peringkat di halaman utama iklan, diperlukan kombinasi yang baik dari keywords, teks iklan dan landing page.  Hubungan antara ketiga faktor ini akan menentukan “Quality Score”.  Sebagai informasi, Goog memberikan quality score dari nilai 1 sampai 10.  Apabila iklan sangat relevan dari faktor keywords, teks iklan dan landing page, maka qulaity score akan tinggi pada kisaran diatas 7.

Quality score ini menentukan harga iklan per klik, atau disebut juga CPC (Cost Per Click). Dengan makin tingginya QS, maka CPC akan makin murah. Maka itu, ber-iklan di adwords harus memastikan mendapatkan nilai QS yang baik. Apabila tidak, harga CPC akan lebih mahal.

Selain itu, iklan yang ditulis wajib menarik untuk di klik.  Apabila iklan sangat menarik dan relevan, maka akan mendapatkan Click Through Rate (CTR) yang tinggi, dan ini akan mempengaruhi harga dari CPC dikemudian hari.

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and investor. He also teaches SEO dan SEM digital advertising at Google Gapura. He also provides PPC (pay per click) Google Adwords Agency service.

Close search

Cart

Back To Top
×Close search
Search