Skip to content

7 Cara Membuat Halaman Arahan (landing page) Anda Lebih Menarik

Anda telah melakukan kerja keras, dan telah mendapatkan pengunjung yang tepat yang datang ke halaman arahan Anda. Sekarang, saatnya untuk me-konversi pengunjung tersebut dari satu kali kunjung menjadi pelanggan setia. Namun jika Anda tidak melihat adanya konversi, hal ini karena pengunjung terlalu cepat bosan dengan halaman arahan yang kita buat. Pengunjung datang ke sana dengan tujuan tertentu dalam pikirannya – dan jika mereka tidak mencapai tujuan itu, mereka tidak akan kembali lagi. Terus ikuti tujuh tips dibawah ini untuk membuat halaman landas dan/ atau arahan yang lebih menarik.

Gunakan video

Jika Anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak prospek, Anda wajib menggunakan video. Yang kami maksudkan bukan hanya gambar dengan klip audio dari seseorang yang berbicara. Yang kami maksud adalah video yang sebenarnya, lengkap dengan iringan visual dan audio. Mengapa? Karena video terbukti meningkatkan keterlibatan. Menurut Hubspot, perusahaan yang menggunakan video meningkatkan pendapatan 33% lebih cepat daripada yang tidak, dan mereka meningkatkan nilai pesanan rata-rata sebesar 10%. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk ini. Jika Anda memiliki perangkat lunak yang tepat, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan record dan Anda siap untuk pergi.

Proposisi nilai yang jelas

value proposition - halaman arahan

Landing page Anda mungkin melakukan segala sesuatu dengan benar, tetapi jika pengunjung Anda tidak dapat mengetahui apa yang dilakukan produk Anda untuk mereka, mereka tidak akan menjadi pembeli. Produk Anda mungkin luar biasa, tetapi jika tidak memecahkan masalah yang jelas atau menangani kebutuhan spesifik yang dimiliki audiens target Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan prospek apa pun. Produk Anda harus memenuhi kebutuhan niche spesifik Anda – dan orang-orang itu harus dapat mengetahuinya dari halaman arahan. Halaman arahan Anda harus dimulai dengan proposisi nilai yang jelas. Entah itu masalah yang Anda selesaikan atau peluang baru yang Anda berikan, pastikan pengunjung Anda dapat melihat dengan tepat apa yang mereka dapatkan dari penawaran Anda.

Visual berkualitas tinggi

visual berkualitas - landing page

Jika produk Anda super visual, maka Anda mungkin sudah memiliki visual yang tepat pada halaman arahan Anda. Namun, jika tidak, Anda perlu memastikan untuk menyertakan visual berkualitas tinggi dan menarik yang mendukung proposisi nilai Anda. Jika produk Anda adalah sesuatu seperti SaaS (software as a service), misalnya, visual Anda mungkin menyertakan tangkapan layar produk Anda yang sedang digunakan, atau diagram tentang cara kerjanya.

Jika Anda memasarkan produk, Anda mungkin ingin menyertakan gambar produk. Jika Anda tidak memiliki visual yang tepat untuk halaman arahan, Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa seorang desainer atau ilustrator. Mungkin biayanya agak mahal, tetapi Anda akan mendapatkan kembali sepuluh kali lipat ketika Anda melihat seberapa besar perhatian yang didapat halaman Anda dengan visual profesional.

Ajakan Untuk Bertindak (engagement)

call to action

Tujuan dari halaman arahan Anda adalah untuk membuat pengunjung Anda mengambil langkah berikutnya. Ini bukan untuk membuat mereka membaca esai atau melihat fitur produk Anda. Buat ajakan bertindak Anda sejelas dan sesederhana mungkin. Lewati kata sifat dan bahasa yang berbunga-bunga, dan gunakan sesuatu yang lugas seperti “berlangganan” atau “mulai uji coba gratis Anda.” Jika halaman landas Anda adalah bagian dari kampanye email, Anda dapat menautkan ke formulir pendaftaran secara langsung. Dengan begitu, pengunjung Anda tidak perlu mengklik ke halaman lain untuk berlangganan. Mereka cukup mengklik tombol “berlangganan” dan mendapatkan hasil maksimal dari penawaran Anda sejak awal.

Jangan terlalu sering menggunakan animasi

Kita tidak berbicara tentang elemen visual seperti gambar latar belakang atau desain halaman di sini. Kita berbicara tentang animasi yang benar-benar bergerak, seperti tombol yang berkedip atau teks yang berubah warna. Meskipun jenis animasi ini mungkin tampak seperti ide yang bagus, namun sebenarnya lebih banyak merugikan. Animasi akan menarik perhatian pengunjung dari pesan Anda.

Latar belakang yang lebih gelap

dark background website - landing page

Jika Anda memasarkan produk atau layanan untuk wirausahawan atau pekerja lepas, kemungkinan besar Anda menargetkan jenis orang tertentu. Mereka adalah orang-orang yang biasanya menjalankan bisnis sendiri dan tidak memiliki banyak waktu. Dengan asumsi bahwa Anda menggunakan video pada halaman arahan Anda, hal pertama yang dilihat oleh calon prospek adalah latar belakang Anda. Jika Anda menggunakan latar belakang putih atau berwarna terang, pengunjung tidak akan tertarik bertahan di halaman dengan lama. Jaga agar latar belakang tetap gelap, dan Anda akan secara otomatis menarik lebih banyak perhatian pada produk Anda dan menjauh dari fakta bahwa pengunjung Anda mungkin sibuk.

Kesimpulan

Landing page Anda adalah kesan pertama kepada calon prospek, pelanggan, dan klien. Ini adalah pertama kalinya mereka akan melihat seperti apa produk Anda dan bagaimana Anda menampilkan diri Anda sebagai sebuah merek. Pastikan Anda tidak membiarkan pengunjung tersebut bosan, tidak tertarik, atau bingung dengan halaman arahan Anda. Sebaliknya, libatkan mereka, buat mereka tetap tertarik, dan bantu mereka mencapai tujuan mereka secepat mungkin. Dan jika Anda melakukan semua ini, Anda akan melihat peningkatan drastis dalam tingkat konversi Anda, dan lebih banyak prospek dan penjualan di masa depan Anda.

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and founder of digitalpointer.id. He was a facilitator of SEO, SEM digital advertising, and video marketing at Google Gapura, and a chatbot builder. He is very keen to help SME (small and medium enterprises) by providing affordable services.