skip to Main Content
3 Cara Jitu Memulai Bisnis

3 Cara Jitu Memulai Bisnis

Memulai bisnis adalah suatu proses, dan kadang memerlukan jalan berliku yang tidak mudah bagi calon wiraswasta atau entrepreneur. Biasanya mereka bingung untuk memulai bisnis dengan pertanyaan: “Enaknya bisnis apa yang menguntungkan dan mudah dikerjakan?”.

Ada 3 cara jitu untuk memulai bisnis yaitu:

1. Memulai Bisnis dengan Niche Market.

Jangan mulai bisnis hanya ikut-ikut an kata teman atau orang. Ada yang berkata, mulailah bisnis dengan produk yang laku dan dicari orang. Namun hal ini masih setengah benar. Produk kalau sangat laku dan dicari orang, biasanya mempunyai persaingan yang sangat ketat. Selain itu profit margin dan keuntugan sangat kecil.

memulai bisnis

Memulai bisnis dengan produk yang mempunyai niche market atau ceruk pasar yang lebih dalam adalah satu keputusan jitu yang bisa diambil. Niche market artinya produk bukan termasuk komoditas. Contoh produk niche market seperti di berbagai macam vertical: hobi, olahraga (badminton, tenis, yoga, pilates, dll).

Keuntungan produk di niche market tersebut mempunyai persaingan yang tidak ketat dan profit margin bisa lebih besar. Karena persaingan tidak banting harga, tetapi lebih pada fitur produk.

2. Mulailah Menciptakan Brand

Menjual produk tanpa ada “branding” artinya sama saja kita menjual produk komoditas. Karena pembeli hanya melihat fungsi dan fitur produk saja, tanpa ada kaitan emosi.

Melakukan “Branding” seperti merek atas seperti Starbucks, Apple dan Coca Cola. Mereka menjauhkan diri dari kompetisi dengan mengaitkan emosi pembeli.

Apabila orang pergi ke Starbucks, ada rasa gengsi yang tinggi, seperti ngopi bersama kelas atas. Maka itu, kopi yang harganya Rp 10K, dapat dijual mereka dengan harga 40-50K. Sama halnya dengan Cocal Cola. Banyak sekali minuman soda diluar, tetapi orang tetap memilih Coca Cola sebagai minuman soda utamanya.

Apabila Anda mengambil barang dari supplier dengan kualitas yang baik, Anda bisa meminta yang namanya Private Labelling, atau memakai merek sendiri. Bisnis dengan brand sendiri akan mempunyai masa depan yang lebih manis. Karena Anda akan mempunyai pelanggan yang akan menjadi repeat buyer serta membeli dengan harga tinggi (tentunya Anda harus melakukan “branding” dengan berbagai macam cara – akan kami diskusikan di lain topik).

3. Buat Website yang Profesional untuk Produk dan Servis Anda.

Mempunyai website dengan design yang baik serta mempunyai fitur e-commerce yang lengkap sudah menjadi kewajiban apabila Anda berjualan lewat online. Ada yang suka memulai menjual di Instagram – IG, Facebook atau social media lainnya. Tapi hal ini yang membedakan antara penjual yang serius atau tidak.

Pembeli akan lebih percaya apabila Anda mempunyai website. Karena mereka dapat melihat alamat kantor, garansi produk, serta siapa dibelakang penjual. Webiste memberikan kesan penjualan yang serius, bukan abal-abal. Namun hal ini tidak disadari oleh penjual baru dan hanya berjualan lewat market place seperti tokopedia dan bukalapak.

Jadi, ingat 3 hal diatas sebagai cara jitu memulai bisnis .

Dengarkan podcastnya dibawah ini:

Anda bisa mendengarkan melalui SPOTIFY

Kurnia Kwik

Kurnia Kwik is an e-commerce entrepreneur, educator and investor. He also teaches SEO dan SEM digital advertising at Google Gapura. He also provides PPC (pay per click) Google Adwords Agency service.

Close search

Cart

Back To Top
×Close search
Search